• If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.

إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

Dilarang keluar dari sekolah

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • Dilarang keluar dari sekolah

    BEBERAPA FATWA ULAMA JIKA KEDUA ORANG TUA MELARANG KELUAR DARI
    SEKOLAH CAMPUR BAUR
    Fatwa Syaikh Al-Utsaimin
    -rahimahulloh-
    Pertanyaan:
    Seorang penuntut ilmu hendak berangkat bersama teman-temannya fillah untuk menuntut ilmu. namun yang menghalanginya untuk berangkat bersama mereka adalah keluarganya (ibu bapaknya), maka bagaimanakah hukumnya jika pelajar ini tetap juga bersikeras untuk berangkat?
    Beliau -rahimahulloh- menjawab:
    Pelajar ini jika di sana ada kebutuhan darurat (mendesak) yang mengharuskan dia untuk tinggal dengan mereka, maka hal ini lebih afdhol. Bersamaan dengan itu, memungkinkan baginya untuk tinggal bersama mereka dan tetap menuntut ilmu. Karena berbakti kepada orang tua lebih utama dari pada jihad fisabilillah (di jalan Allah) dan menuntut ilmu termasuk dari jihad, oleh karena itu berbakti kepada orang tua lebih dikedepankan daripada menuntut ilmu jika keduanya butuh kepadanya.
    Adapun jika mereka tidak butuh kepadanya, dan jika dia keluar menuntut ilmu akan lebih mengokohkannya dalam menuntut ilmu dan menghasilkan lebih banyak ilmu , maka tiada dosa baginya untuk keluar kalau kondisinya demikian. Akan tetapi bersamaan dengan ini, jangan sampai dia melupakan hak kedua orang tuanya untuk mengunjungi dan berbuat baik, serta memuaskan mereka.
    Adapun jika diketahui kebencian kedua orang tuanya terhadap ilmu syar`i, maka tiada ketaatan bagi mereka dan tidak seyogyanya dia meminta idzin kepada mereka ketika hendak berangkat menuntut ilmu. Karena sebab keduanya melarangnya untuk keluar menuntut ilmu adalah kebencian mereka terhadap ilmu syar`i. Selesai perkataan beliau -rahimahulloh- [Kitabul `Ilm hal. 155].
    الملفات المرفقة
يعمل...
X