• If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.

إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

Peninjauan Kembali thd Rujuknya Ubaid Al jabiri

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • Peninjauan Kembali thd Rujuknya Ubaid Al jabiri









    Peninjauan Kembali
    Terhadap Rujuknya Ubaid Al Jabiri



    Ditulis Oleh Asy Syaikh Al Fadhil
    Abu Isa Ali bin Rosyid Al ‘Afariy
    Hafizhohulloh


    Diterjemahkan Oleh Al Faqir Ilalloh

    Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy
    Waffaqohulloh
    Darul Hadits Al Fath
    Shon’a Yaman
    Harosahalloh


    بسم الله الرحمن الرحيم
    Judul Asli:
    “Taroju’ Ubaid Al Jabiriy ‘An Qoulihi Fi Haqqi Syaikhina “Iblisul Yaman” Taroju’ Fihi Nazhor”

    Judul Terjemah Bebas:
    “Peninjauan Kembali Terhadap Rujuknya Ubaid Al Jabiri”


    Ditulis Oleh Asy Syaikh Al Fadhil
    Abu Isa Ali bin Rosyid Al ‘Afariy Hafizhohulloh

    Diterjemahkan Oleh Al Faqir Ilalloh
    Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy Waffaqohulloh






    بسم الله الرحمن الرحيم

    Pengantar Penerjemah



    الحمد لله وأشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله، اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله أجمعين أما بعد:



    Seorang murid Ubaid Al Jabiriy telah menyebarkan selebaran tentang rujuknya Ubaid Al Jabiriy dari mencaci Asy Syaikh Yahya Al Hajuriy hafizhohulloh sebagai IBLIS. Kemudian penulis yang tidak dikenal ketsiqohannya itu langsung memuji syaikhnya yaitu Ubaid sebagai orang yang memurnikan diri mengikuti kebenaran.

    Maka Syaikh kita Abu Isa Ali bin Rosyid Al ‘Afariy hafizhohulloh menuliskan bantahan penting agar para Salafiyyun tidak terpedaya dengan selebaran tadi.



    Lembar Risalah Asy Syaikh Abu Isa Ali bin Rosyid Al ‘Afariy hafizhohulloh



    الحمدللهالقائلفيكتابه: ﴿إِنَّالَّذِينَيَكْتُمُونَمَاأَنْزَلْنَامِنَالْبَيِّنَاتِوَالْهُدَىمِنْبَعْدِمَابَيَّنَّاهُلِلنَّاسِفِيالْكِتَابِأُولَئِكَيَلْعَنُهُمُ،اللهوَيَلْعَنُهُمُاللَّاعِنُونَ*إِلَّاالَّذِينَتَابُواوَأَصْلَحُواوَبَيَّنُوافَأُولَئِكَأَتُوبُعَلَيْهِمْوَأَنَاالتَّوَّابُالرَّحِيمُ]البقرة: 159-160[.

    والصلاةوالسلامعلىنبيناصلىاللهعليهوسلمالقائل:«منخاصمفيباطلوهويعلمهلميزلفيسخطاللهحتىينزعومنقالفيمؤمنماليسفيهأسكنهاللهردغةالخبالحتىيخرجمماقالوليسبخارج». ]أخرجهأبوداودعنابنعمروصححهالعلامةالألباني[.

    أمابعدفقدكثرتتخليطاتعبيدوتخبطاتهوتلاعباتهومنآخرهامانشربعنوان :

    "صورةمنتجردمشايخناحفظهماللهللحق"

    الحمداللهربالعالمينوصلاةوالسلامعلىاشرفالأنبياءوالمرسلينامابعد

    فقدتمالإتصالفيصباحيومالإربعاءبتاريخ 29/رجب / 1435هـ

    علىوالدناوشيخناالشيخ / عبيدبنعبداللهالجابريحفظهالله

    وقرأتعليهكلامشيخالإسلامابنتيميةمن"منهاجالسنةالنبوية" (فلانشرمنابليس .(الجزءالرابعص 506- 510 ) ) وقدتراجعشيخناالمفضالعنقولهإبليساليمن، وقال: تراجعتوأستغفراللهوأتوبإليهمنها. وأبلغنيأنأنشرتراجعههذا.

    أسألاللهانيرفعقدر شيخناويحفظهوآخردعواناانالحمدللهربالعالمين.

    المتصلوالمقرءتلميذه / محمدبنعبدالرحيمإخوان

    المدينةالنبوية



    منقولمنشبكة"البينة" انتهى



    قالأبوعيسى _ وفقهالله _ : ماهذاأولتراجعات ! عبيدالجابريفيتقولهوفجورهعلىالعلامةالحجوري

    فقدسبقأنقولهأنهقال : إنأهلبدرعصواللهثلاثمرات

    ثمتراجععنهذامنغيراستسماحولاطلبعفوولاكأنالأمريتعلقبعرضمسلم !

    وكانمماقال : قلتُفيماأتكلمبهعلىيحيالحجورياليمنيالقائمعلىمركزدماجخلفاًللشيخمقبل - رحمهالله - إنهيقولأهلبدرعصوااللهثلاثمرات،والصوابأنهقال:عصوااللهمرتين. انتهى

    قلت : تأملقوله : قلتفيماأتكلمبهعلىيحيىالحجوري .. ولميقل : فيماتكلمتبهعلى .. والفعلالمضارعفيسياقتعبيرهلتجددكلامهواستمرارهعلىالحجوريكأنهمنوردهفيالليلوالنهارنسألاللهالسلامةوالعافية.

    ثمقولهأمراًثمبينأنهخطأوعلىالعادةمنغيرطلبعفوأواستسماح !

    وهناكأموروفجورلميتراجععنهعبيديعلمهالقاصيوالدانيوالموافقوالمخالفممنلهماطلاععلىمايجريمنهذاالرجل !

    ويعيدالكرةهنافيفجورهفيحقالشيخيحيىووصفهلهبأنهإبليساليمن !

    قالحسبمانقلعنه : تراجعتوأستغفراللهوأتوباليهمنهاانتهى

    قالأبوعيسى _ وفقهالله _ : إنفجوروزورعبيدالجابريفيحقالشيخيحيىووصفهلهبأنهإبليساليمنانتشرفيالمواقعانتشاراعجيبافأنكرهاالغيورونعلىالحقوأهلهوالمنصفونوفيالطرفالآخرمنتعصبلهاواستدلبهافمنقائل :

    إبليسالذيلميسجدلآدموالحجوريعندناشيءواحد !

    وآخريقول : ألمتعلمبأنالحجوريإبليساليمنكماقالالعلامةعبيدالجابري

    وآخرقعدلهاواستدللهاوحشدالآثاروالحقأنكلاتجدفيالآثارالبتةمنيصفمسلمابأنهإبليس !

    فهذاالباطالوالفجورالسحيقفيحقشيخنايحيىإذاتابصاحبهواستغفرلابدمنالبيانولابدمنالاستسماحوطلبالعفولأنلهتعلقابحقآدمي

    قالالعلامةابنباز - رحمهالله - كمافي"مجموعفتاوى" له (25/ 308):

    والمنكرإذاأعلنيجبعلىصاحبهأنيعلنالتوبةمنهحتىيعلمرجوعهعنه،كماقالاللهتعالى : ﴿إِنَّالَّذِينَيَكْتُمُونَمَاأَنْزَلْنَامِنَالْبَيِّنَاتِوَالْهُدَىمِنْبَعْدِمَابَيَّنَّاهُلِلنَّاسِفِيالْكِتَابِأُولَئِكَيَلْعَنُهُمُ،اللهوَيَلْعَنُهُمُاللَّاعِنُونَ * إِلَّاالَّذِينَتَابُواوَأَصْلَحُواوَبَيَّنُوافَأُولَئِكَأَتُوبُعَلَيْهِمْوَأَنَاالتَّوَّابُالرَّحِيمُفلميكتفسبحانهفيحقهؤلاءبمجردالتوبةوالإصلاح،بلشرطفيصحةذلكالبيان؛فقال: ﴿وَبَيَّنُوا﴾ فعلمأنالتوبةالخاليةمنالبيانلاتكفي،بللابدمنبيانالحقللناسحتىيخرجبذلكمنعهدةالكتمان . اهـ

    هذاكتبتهتعليقاعلىمانشرعنتراجععبيدالمزعوم _ كفانااللهشره _

    ولتعلمأيهاالسلفيأنالقاعدةفيغالبتراجعاتالبرامكةوأذنابهمأنهميتراجعونعمايسببلهمالإحراجويكثرعليهمنهالقيلوالقالوماسوىذلكفقليلمايتراجعونعنهواللهالمستعان

    والحمدللهربالعالمين

    كتبهأبوعيسىعليبنرشيدالعفري



    Terjemah:



    Segala puji bagi Alloh yang berfirman di dalam kitab-Nya:

    ﴿إِنَّالَّذِينَيَكْتُمُونَمَاأَنْزَلْنَامِنَالْبَيِّنَاتِوَالْهُدَىمِنْبَعْدِمَابَيَّنَّاهُلِلنَّاسِفِيالْكِتَابِأُولَئِكَيَلْعَنُهُمُاللهوَيَلْعَنُهُمُاللَّاعِنُونَ*إِلَّاالَّذِينَتَابُواوَأَصْلَحُواوَبَيَّنُوافَأُولَئِكَأَتُوبُعَلَيْهِمْوَأَنَاالتَّوَّابُالرَّحِيمُ]البقرة: 159-160[.

    “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang Kami turunkan, yang berupa penjelasan-penjelasan dan petunjuk, setelah Kami menjelaskannya pada manusia di dalam Al Kitab, mereka itulah orang-orang yang dilaknat oleh Alloh, dan dilaknat oleh orang-orang yang melaknat. Kecuali orang-orang yang bertobat, melakukan perbaikan dan menjelaskan, maka mereka itu Aku terima tobat mereka, dan Alloh itulah Yang Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang.”

    Dan semoga sholawat dan salam tercurah pada Nabi kita shollallohu ‘alaihi wasallam yang bersabda:

    «منخاصمفيباطلوهويعلمهلميزلفيسخطاللهحتىينزعومنقالفيمؤمنماليسفيهأسكنهاللهردغةالخبالحتىيخرجمماقالوليسبخارج». ]أخرجهأبوداودعنابنعمروصححهالعلامةالألباني[.

    “Barangsiapa bertengkar dalam kebatilan dalam keadaan dia tahu itu, maka dia terus-menerus dalam kemurkaan Alloh sampai dirinya mencabut diri dari itu. Dan barangsiapa berkata tentang seorang mukmin dengan suatu perkara yang tidak ada pada dirinya, maka Alloh akan menjadikan dia tinggal di dalam rodghotul khobal (perasan penduduk neraka) sampai dia keluar dari apa yang diucapkannya." (HR. Abu Dawud dari Ibnu Umar, dishohihkan Al ‘Allamah Al Albaniy ].

    Adapun setelah itu:

    Maka telah banyak pencampuran dan kengawuran serta permainan dari Ubaid, dan termasuk yang paling akhirnya adalah berita yang disebarkan dengan judul:

    “Shurotun Min Tajarrudi Masyayikhina Hafizhohumulloh Lil Haqq.”



    الحمداللهربالعالمينوصلاةوالسلامعلىاشرفالأنبياءوالمرسلينامابعد

    Maka telah sempurna penelponan pada hari Rabu pagi tanggal 29 Rojab 1435 H, dengan bapak kita dan syaikh kita Ubaid bin Abdillah Al Jabiriy hafizhohulloh. Dan saya bacakan pada beliau perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dari “Minhajus Sunnah” ungkapan “Si Fulan lebih buruk daripada iblis.” Di juz keempat hal. 506-510.

    Dan syaikh kita yang sangat utama telah rujuk dari perkataan beliau: “Iblis Yaman” dan beliau berkata: “Aku rujuk dan aku mohon ampun dan aku bertobat pada Alloh dari itu.”

    Dan beliau menyampaikan padaku agar aku menyebarkan rujuknya beliau ini.

    Aku mohon pada Alloh agar mengangkat derajat syaikh kita dan menjaga beliau. Dan akhir doa kita adalah: segala pujian bagi Alloh Robb semesta alam.

    Sang penelpon dan pembaca:

    Murid beliau: Muhammad Abdurrohim, ikhwan dari Madinah Nabawiyyah.”

    (selesai penukilan dari dari situs “Al Bayyinah”).



    Abu Isa –Asy Syaikh Ali Al Afariy- waffaqohulloh berkata:

    Ini bukanlah taroju’at Ubaid Al Jabiriy yang pertama dalam masalah kedustaan dan kejahatannya terhadap Al ‘Allamah Al Hajuriy.

    Telah pernah lewat bahwasanya dia berkata menukilkan dari Asy Syaikh Yahya: “Sesungguhnya Ahli Badr mendurhakai Alloh tiga kali.” Lalu Ubaid rujuk dari berita tadi tanpa minta kelapangan dada ataupun minta maaf (pada Asy Syaikh Yahya), dan seakan-akan perkara tadi tidak terkait dengan kehormatan seorang muslim!

    Termasuk yang dulu dia katakan: “Aku berkata dalam berulang-ulangnya perkataanku terhadap Yahya Al Hajuriy Al Yamaniy yang mengurusi markiz Dammaj sebagai pengganti Asy Syaikh Muqbil rohimahulloh bahwasanya dia itu berkata bahwa Ahli Badr mendurhakai Alloh tiga kali. Yang benar adalah dia berkata: “bahwa Ahli Badr mendurhakai Alloh dua kali” selesai.

    Saya –Ali Al ‘Afariy- katakan: renungkanlah ucapan dia: “Aku berkata dalam berulang-ulangnya perkataanku terhadap Yahya Al Hajuriy…” fi’il mudhori’ dalam alur ungkapan dia menunjukkan berulang-ulangnya ucapan dia dan terus-menerusnya ucapan dia terhadap Asy Syaikh Yahya, seakan-akan itu menjadi wirid dia siang dan malam. Kita mohon pada Alloh keselamatan dan penjagaan.

    Lalu perkataannya itu dan dia menerangkan bahwasanya itu adalah keliru, seperti biasanya, tanpa minta maaf ataupun minta kelapangan jiwa dari orang yang dizholiminya!

    Di sana masih adalah perkara-perkara dan kejahatan-kejahatan yang Ubaid belum rujuk darinya, yang telah diketahui orang dekat ataupun jauh, orang yang sependapat ataupun orang yang menyelisihinya, yang mereka punya pengetahuan tentang apa saja yang berlangsung dari orang ini.

    Dan sekarang dia mengulang kembali dalam kejahatannya terhadap Asy Syaikh Yahya dan mensifati beliau sebagai iblis Yaman!

    Dan sebatas yang dinukilkan darinya dia berkata: “Aku rujuk dan aku mohon ampun dan aku bertobat pada Alloh dari itu.” Selesai.

    Abu Isa waffaqohulloh berkata: Sesungguhnya kejahatan dan kedustaan Ubaid Al Jabiriy terhadap Asy Syaikh Yahya dan pensifatannya bahwasanya beliau adalah iblis Yaman itu telah tersebar di situs-situs dengan penyebaran yang menakjubkan. Maka orang-orang yang cemburu kepada kebenaran dan pembawa kebenaran serta orang-orang yang adil mengingkarinya.

    Dan di sisi lain orang yang fanatik kepadanya dan mencari dalil untuknya, ada yang berkata: “Iblis yang tidak sujud pada Adam dan Hajuriy di sisi kami sama saja.”

    Yang lain berkata: “Apakah engkau tidak tahu bahwasanya Hajuriy adalah iblis Yaman sebagaimana yang dikatakan oleh Al ‘Allamah Ubaid Al Jabiriy?”

    Yang lain membikin kaidah untuk mendukungnya, mencarikan dalil untuknya. Dan pada hakikatnya engkau tidak mendapati pada atsar-atsar tersebut ulama yang mensifati seorang Muslim sebagai iblis sama sekali.

    Kebatilan dan kejahatan yang mendalam terhadap Syaikh kita Yahya, jika pelakunya bertobat dan mohon ampun (pada Alloh), dia harus membikin penjelasan, dan dia harus minta kelapangan dada dan mohon maaf pada korbannya, karena hal itu punya keterkaitan dengan hak anak Adam.

    Al ‘Allamah Ibnu Baz rohimahulloh berkata sebagaimana dalam “Majmu’ Fatawa” beliau (25/hal. 308): “Dan kemungkaran jika dilakukan terang-terangan, wajib bagi pelakunya untuk mengumumkan tobat darinya sampai diketahui rujuknya dia darinya, sebagaimana firman Alloh ta’ala:

    ﴿إِنَّالَّذِينَيَكْتُمُونَمَاأَنْزَلْنَامِنَالْبَيِّنَاتِوَالْهُدَىمِنْبَعْدِمَابَيَّنَّاهُلِلنَّاسِفِيالْكِتَابِأُولَئِكَيَلْعَنُهُمُاللهوَيَلْعَنُهُمُاللَّاعِنُونَ*إِلَّاالَّذِينَتَابُواوَأَصْلَحُواوَبَيَّنُوافَأُولَئِكَأَتُوبُعَلَيْهِمْوَأَنَاالتَّوَّابُالرَّحِيمُ]البقرة: 159-160[.

    “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang Kami turunkan, yang berupa penjelasan-penjelasan dan petunjuk, setelah Kami menjelaskannya pada manusia di dalam Al Kitab, mereka itulah orang-orang yang dilaknat oleh Alloh, dan dilaknat oleh orang-orang yang melaknat. Kecuali orang-orang yang bertobat, melakukan perbaikan dan menjelaskan, maka mereka itu Aku terima tobat mereka, dan Alloh itulah Yang Maha Menerima tobat lagi Maha Penyayang.”

    Maka Alloh Yang Mahasuci dalam masalah orang-orang tadi tidak mencukupkan dengan semata-mata tobat dan perbaikan, bahkan mensyaratkan untuk sahnya tobat dia tadi BAYAN (penjelasan), maka Dia berfirman: “Dan membikin penjelasan,” Maka diketahi bahwasanya tobat yang kosong dari penjelasan itu tidak cukup. Bahkan dia harus menjelaskan yang benar pada orang-orang sampai dia keluar dari status penyembunyian.” Selesai.

    Aku menulis ini sebagai catatan terhadap klaim yang disebarkan tentang rujuknya Ubaid. Semoga Alloh menyelamatkan kita dari kejelekannya.

    Dan agar engkau tahu wahai Salafiy, bahwasanya sudah menjadi kaidah bahwasanya kebanyakan dari tipe rujuknya para Baromikah dan ekor-ekor mereka itu, mereka rujuk dari perkara yang menyebabkan mereka tertekan dan dibicarakan banyak orang. Adapun pada kesalahan yang lain, jarang sekali mereka mau rujuk darinya. Hanya Alloh sajalah kita mintai pertolongan.

    والحمدللهربالعالمين

    Ditulis oleh Abu Isa Ali bin Rosyid Al ‘Afariy


يعمل...
X